Cerpen Khajeya

Friday, July 08, 2005

Jey, Rheina, dan Ibu Kos

Jey, Rheina, dan Ibu Kos

“Tok Tok Tok!” suara pintu diketuk terdengar nyaring sekali hingga membangunkan Jeje dari tidurnya. Sesaat Jeje membuka matanya, lalu sambil menutup telinganya dengan guling, Jeje kembali memejamkan matanya.

“Tok Tok Tok!!!” kali ini ketukan pintu terdengar lebih keras dengan frekuensi yang lebih cepat. Jeje yang belum sempat kembali terlelap kontan saja tersentak kaget.

“Siapa sih?!” teriak Jeje dari balik selimutnya. “Pagi-pagi udah ngeganggu!”

“Pagi gundulmu!” jawaban dari balik pintu sana tak kalah lantangnya, “Ini sudah siang, tahu!” Jeje hampir saja terjatuh dari kasurnya karena terkejut mendengar suara itu. Ia hafal benar pada suara Ibu Kos yang galak luar biasa. Segera Jeje bangkit sambil mengusap-usap mata dan merapikan rambutnya, lalu dibukanya pintu kamarnya.

“Eh, Ibu… Maaf, Bu, saya kira…”

“Maaf, maaf!” Ibu Kos yang tengah berdiri tepat di depan pintu kamar kos Jeje langsung memotong omongan Jeje. “Yang saya butuhkan bukan maaf, tapi uang… Mana uang sewa kamu?! Ini sudah lewat 1 minggu, tahu!”

“Eh, uh… Itu, anu, Bu…” ucap Jeje terbata-bata.

“Anu, anu… Anu apa hah?!” sang Ibu Kos kembali memotong dengan garang. “Pokoknya saya tidak mau mendengar alasan apapun lagi!”

“Tapi, Bu... Ini bukan alasan, tapi kenyataan… Orang tua saya belum juga mengirimkan uang…”

“Alasan klise! Pokoknya kamu harus bayar sekarang juga!”

“Tapi, Bu… Saya harus bayar pakai apa…?” ucap Jeje lemas.

“Ya, pakai uang!” tegas Ibu Kos kembali.

“Bu, tolong, Bu… Beri saya waktu 2 sampai 3 hari lagi, saya pasti akan bayar…”

“Alah! Saya sudah tidak punya waktu lagi! Setiap bulan kamu selalu telat bayar. Saya sudah bosan dengan berbagai alasan kamu! Pokoknya hari ini juga kamu harus bayar. Nanti sore saya akan ke sini lagi, dan pokoknya uang itu harus sudah ada, atau silakan kamu cari tempat kos lain, masih banyak kok yang mau kos di sini!” ucap Ibu Kos panjang dengan sinis.

“Ta.. Tapi Bu…” belum sempat Jeje melanjutkan kata-katanya, Ibu Kos sudah menghilang terhalang tembok. Jeje hanya dapat mematung dan lemas. Ia tidak tahu lagi harus berbuat apa.

“Hei… Sudah siang begini baru bangun…” tiba-tiba Jeje dikejutkan oleh kehadiran Rheina, teman sekampusnya yang telah berada tepat di hadapannya. “Sudah begitu, bukannya langsung mandi, eh malah bengong lagi di depan pintu…” lanjut Rheina menggoda.

“Eh, Rhein…” sapa Jeje singkat.

“Kenapa sih loe, lemes banget? Pasti barusan habis dimarahin sama Ibu Kos, ya? Hihihi…”

“Loe… Loe kok tahu?” kening Jeje seketika mengkerut.

“Nggak kok, cuma nebak aja. Tadi gue lihat muka Ibu Kos loe acak-acakan pas keluar dari rumah ini, eh, ternyata loe juga nggak kalah acak-acakannya… Hihihi…” Rheina terus menggoda Jeje. Jeje hanya tersenyum. “Sudah… Sekarang loe mandi dulu sana, sebentar lagi ada kuliah lho…”

“Aduh, Rhein… Kayaknya gue nggak akan masuk deh hari ini, nggak enak badan nih…”

“Nggak usah pake alasan segala. Cepat mandi sana dan kuliah… Lihat nih apa yang gue bawa buat loe…” ucap Rheina sambil mengeluarkan sebuah nasi bungkus dari kantong plastik hitam yang tengah dipegangnya. “Taraaaa… Sarapan buat loe… Tapi loe harus mandi dulu sebelum menikmati oleh-oleh gue ini...”

“Wah, thanks deh Rhein, tapi serius gue lagi nggak enak badan nih.”

“Hah?! Serius loe? Yang mana yang sakit, badan loe atau jiwa loe?” tanya Rheina bercanda.

“Ya badan lah…!” jawab Jeje sewot.

“Deuh… Segitu sewotnya. Lagian tumben banget pake acara nolak rezeki segala… Ya udah deh, oke, loe nggak usah mandi dulu, tapi ini dimakan ya…” Rheina mencoba membujuk Jeje.

“Aduh, Rhein… Gue belum lapar nih, masih kenyang…”

“Kenyang? Kenyang makan apa loe? Kenyang dimarahin Ibu Kos? Hihihi….” lagi-lagi Rheina berkelakar. Kali ini Jeje tersenyum juga dibuatnya. Sahabatnya yang satu ini memang paling pandai menghibur hati Jeje.

“Ya, udah deh. Mana? Sini makanannya…”

“Ups, tahan dulu, enak aja mau langsung makan… Nggak mandi ya nggak apa-apa, tapi minimal gosok gigi dulu dong, bau tahu… Dasar jorok!”

“Oke deh tuan putri, oke…” Jeje akhirnya pergi juga ke kamar mandi sekedar untuk mencuci muka dan gosok gigi.

Di kamar mandi Jeje hanya memandangi wajahnya yang terpantul di cermin. Rambut gondrong yang tak begitu terurus itu ia acak-acak. Sesaat Jeje menarik napas panjang. Ia kembali teringat pada ultimatum Ibu Kos tadi.

“God… What i have to do?” lirihnya dalam hati. “Bantu aku, Tuhan. Jangan sampai aku terusir dari sini. Kau kan tahu aku bukannya tak mau membayar, tapi aku tak mampu… Tuhan, betapapun galaknya Ibu Kosku, tapi aku masih betah di sini. Kau tahu, Tuhan, jika biaya sewa di sini paling murah dibanding tempat-tempat lain di sekitar sini. Dan Kau pun pasti mengerti, Tuhan, jika untuk biaya sewa termurah saja masih sulit ku bayar, apalagi yang mahal… Please, Tuhan… Izinkan aku tetap tinggal di sini…”

“Wooiii!!! Lagi ritual loe di kamar mandi? Lama banget sih…” tiba-tiba suara Rheina membuat Jeje tersadar dari renungnya. Tapi bersamaan dengan itu pula wajah Jeje berubah menjadi lebih cerah.

“Thanks, God… Aku sudah menemukan solusinya… Walaupun itu bukan solusi yang terbaik, tapi paling tidak bisa menyelamatkanku hari ini…” lirih Jeje dalam hati sambil keluar dari kamar mandi. “Rheina!!!” teriak Jeje sesaat setelah menutup pintu kamar mandinya, lalu bergegas lari menemui Rheina.

“Apaan sih?” tanya Rheina yang merasa dipanggil.

“Gue akan lakukan apapun buat loe dan akan menganggap loe saudara gue asal loe mau bantu permasalahan gue yang satu ini…” ucap Jeje dengan bersemangat tepat di hadapan Rheina.

“Kenapa loe? Keluar dari kamar mandi kok malah makin parah...”

“Gue serius, Rhein” lanjut Jeje tak mempedulikan pertanyaan Rheina. “Gue minta tolong banget sama loe, cuma loe satu-satunya harapan gue saat ini.”

“Kenapa sih loe? Sentimentil banget… Mau pinjam duit ya?”

“Hah?! Rhein… Loe… Loe bisa baca pikiran gue… Loe emang benar-benar seorang peri, Rhein…!”

“Udah… Nggak usah pake rayu-rayu segala… Ini 2 ribu, nggak usah pinjam, ambil saja…”

“What?! 2 ribu, Rhein? Cuma 2 ribu?” ucap Jeje menganga.

“Iya, emangnya mau berapa? Cukup khan buat beli odol… Lain kali nggak usah pake teriak-teriak gitu lagi ya, bau tau!”

Astaga… Jeje lupa jika ia belum gosok gigi. [Khajeya]

0 Comments:

Post a Comment

<< Home